Mahmuddin

Belajar dan Berbagi

Efek Ayat-ayat Cinta

Posted by Mahmuddin pada Februari 26, 2008

ayat-ayat-cinta.jpg

Ketika menyaksikan cuplikan film ayat-ayat cinta melalui iklan televisi, muncul rasa penasaran yang luar biasa. Bukan karena pengambilan gambar dan spesial efek yang luar biasa, tetapi di akhir iklan “Sang Maestro” Muhammadiyah yakni K.H. Din Syamsuddin tampil dan memberi komentar bahwa film ini layak untuk ditonton terutama bagi remaja muslim. Sungguh sebuah pernyataan yang punya efek luar biasa bagi saya yang mengagumi beliau sebagai seorang intelektual muslim.

Rasa penasaran ini, kemudian mencoba iseng cari jadwal dan tempat penayangannya. Alhasil, karena tempat saya tidak terjangkau oleh semua schedule penayangannya. Sayapun  hanya bisa puas dengan membaca sinopsis yang terdapat dalam website http://www.21cineplex.com/movie.cfm?id=1819 . Beberapa teman menyarankan untuk mencari CD bajakannya yang konon sudah beredar, tetapi saya tidak tertarik demi menghargai hasil karya anak bangsa.

Bagi anda yang kebetulan belum nonton dan belum pernah tahu jalan ceritanya, berikut saya kutipkan langsung dari sumber di atas:

“Ini adalah kisah cinta. Tapi bukan cuma sekedar kisah cinta yang biasa. Ini tentang bagaimana menghadapi turun-naiknya persoalan hidup dengan cara Islam. Fahri bin Abdillah (Fedi Nuril) adalah pelajar Indonesia yang berusaha menggapai gelar masternya di Al Ahzar. Berjibaku dengan panas-debu Mesir. Berkutat dengan berbagai macam target dan kesederhanaan hidup. Bertahan dengan menjadi penerjemah buku-buku agama. Semua target dijalani Fahri dengan penuh antusiasme kecuali satu: menikah.  Kenapa? Karena Fahri adalah laki-laki taat yang begitu ‘lurus’. Dia tidak mengenal pacaran sebelum menikah. Dia kurang artikulatif saat berhadapan dengan mahluk bernama perempuan. Hanya ada sedikit perempuan yang dekat dengannya selama ini. Neneknya, Ibunya dan saudara perempuannya.  Betul begitu? Sepertinya pindah ke Mesir membuat hal itu berubah.

Tersebutlah Maria Girgis (Carissa Putri). Tetangga satu flat yang beragama Kristen Koptik tapi mengagumi Al Quran. Dan menganggumi Fahri. Kekaguman yang berubah menjadi cinta. Sayang cinta Maria hanya tercurah dalam diary saja.  Lalu ada Nurul (Melanie Putria). Anak seorang kyai terkenal yang juga mengeruk ilmu di Al Azhar. Sebenarnya Fahri menaruh hati pada gadis manis ini. Sayang rasa mindernya yang hanya anak keturunan petani membuatnya tidak pernah menunjukkan rasa apa pun pada Nurul. Sementara Nurul pun menjadi ragu dan selalu menebak-nebak.  Setelah itu ada Noura (Zaskia Adya Mecca). Juga tetangga yang selalu disika Ayahnya sendiri. Fahri berempati penuh dengan Noura dan ingin menolongnya. Sayang hanya empati saja. Tidak lebih. Namun Noura yang mengharap lebih. Dan nantinya ini menjadi masalah besar ketika Noura menuduh Fahri memperkosanya.

Terakhir muncullah Aisha (Rianti Cartwright). Si mata indah yang menyihir Fahri. Sejak sebuah kejadian di metro, saat Fahri membela Islam dari tuduhan kolot dan kaku, Aisha jatuh cinta pada Fahri. Dan Fahri juga tidak bisa membohongi hatinya.  Lalu bagaimana bocah desa nan lurus itu menghadapi ini semua? Siapa yang dipilihnya? Bisakah dia menjalani semua dalam jalur Islam yang sangat dia yakini?”

Mencermati alur cerita dalam sinopsis di atas, ternyata lagi-lagi trend tema cinta anak muda jadi tema sentral. Biasa….!!! khas umum film dan sinetron Indonesia. Hanya saja, cerita dalam film ini mengambil sisi kehidupan lain yang berbeda dari film dan sinetron pada umumnya.

Bagaimana, apakah anda juga harus puas hanya dengan membaca sinopsis di atas???

2 Tanggapan to “Efek Ayat-ayat Cinta”

  1. pank said

    sayah dah nonton bajakanx…*setelah baca blog ini…sayah menyesal tlh mnontonx*…hiks5x

  2. Wul said

    Mudah2an Allah ‘azza wa jalla menguatkan hati saya agar tidak tergoda menonton film ini*sepenuh tenaga menguatkan iman*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: