Mahmuddin

Belajar dan Berbagi

Melatih Kemandirian Anak melalui Perkemahan

Posted by Mahmuddin pada Agustus 14, 2009

Berkemah

Berkemah

Kalau ada kegiatan sekolah yang paling menyenangkan, pastilah semua setuju dengan kegiatan perkemahan. Buktinya, setiap kali kegiatan ini dilakukan semua siswa pasti terlibat. Bahkan kalau ada yang hal yang menghalangi, kekecawaan pasti disertai penyesalan. Betapa tidak, berkemah merupakan momen yang dapat mempererat keakraban dengan teman-teman. Momen ini juga dapat menjadi ajang refreshing bagi mereka.

Perkemahan yang diselenggarakan oleh SMP YPS Singkole dalam memperingati hari pramuka yang ke-48 (14 Agustus 2009) memiliki nuansa yang berbeda. Kalau biasanya perkemahan dilaksanakan sebagai wadah uji keterampilan kepramukaan (tekpram), maka pada perkemahan kali ini hanya menggunakan momen pramuka, identitas dan aplikasi teknik kepramukaan untuk mengembangkan keterampilan hidup lain. Adapun unit kegiatan yang dilaksanakan adalah dalam bentuk lomba mendirikan tenda dan penataan lingkungan, lomba menulis puisi tentang kepramukaan dan membaca puisi, lomba berpidato dalam bahasa inggris,  lomba baris berbaris dan lomba memasak nasi goreng. Kegiatan ini juga diselingi dengan team building games. Sedangkan peringatan hari pramuka dilakukan secara seremonial melalui upacara bendera.

Perkemahan ini, dirancang untuk melatih kemandirian anak dalam bentuk mandiri mengurus tubuhnya, makanan, lingkungan, dan berinteraksi dengan orang lain termasuk dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Hal ini menyadarkan akan pentingnya keterampilan intrapersonal dan interpersonal sebagai soft skill yang harus dikembangkan pada diri anak. Apalagi era masa depan yang diprediksi  bahwa survivalitas banyak ditentukan oleh soft skill. Oleh karena itu, sekolah-sekolah YPS sangat konsen dalam pengembangan soft skill anak. Komintmen tersebut bahkan dinyatakan secara tegas dalam Visi yayasan “menumbuhkembangkan anak menjadi lulusan MANDIRI yang BERIMAN, BERMORAL dan CERDAS agar dapat menghadapi tantangan hidup. Kegiatan perkemahan ini, dilaksanakan pada 13 -14 Agustus 2009 di Kampus SMP YPS Singkole.

Satu Tanggapan to “Melatih Kemandirian Anak melalui Perkemahan”

  1. Terima kasi atas bantuannya, saya sangat sangat bersyukur adanya situ ini sehingga dapat membantu saya menemukan masalah yang berkaitan dengan kemandirian anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: