Mahmuddin

Belajar dan Berbagi

Katabolisme pada Makhluk Hidup

Posted by Mahmuddin pada Oktober 1, 2009

Secara keseluruhan, metabolisme dikaitkan dengan pengaturan sumber daya materi dan energi dari sel. Beberapa jalur metabolisme membebaskan energi dengan cara merombak molekul-molekul kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana. Proses perombakan tersebut dinamakan katabolisme salah satu fungsi reaksi katabolisme adalah untuk menyediakan energi dan komponen yang dibutuhkan oleh reaksi anabolisme.

Pada setiap organisme, untuk menghasilkan energi tersebut dapat dibagi dalam dua cara, yaitu sebagai berikut.

1)      Respirasi seluler atau respirasi aerob, yaitu reaksi yang menggunakan oksigen sebagai bahan bakar organik. Reaksi seluler terdiri atas reaksi glikolisis, siklus Krebs, transpor elektron dan fosforilasi oksidatif. Di mana di antara glikolisis dan siklus Krebs terdapat sebuah reaksi antara yang disebut dekarboksilasi oksidatif.

2)      Fermentasi, atau respirasi anaerob, yaitu proses pemecahan molekul gula yang berlangsung tanpa bantuan oksigen. Termasuk ke dalam fermentasi adalah fermentasi asam laktat, fermentasi alkohol, dan fermentasi asam cuka.

Walaupun fermentasi sebagai suatu proses katabolic tanpa oksigen, akan tetapi jalur katabolic yang paling efisien adalah respirasi seluler, di mana dikonsumsi sebagai reaktan bersama-sama dengan bahan bakar organik. Secara umum keseluruhan proses pada respirasi seluler berlangsung sebagai berikut:

Senyawa organik + Oksigen  ——-   Karbondioksida + Air + Energi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: