Mahmuddin

Belajar dan Berbagi

Hama Walang “Nango” Sangit Menyerang Tanaman Padi Di Sorowako

Posted by Mahmuddin pada Mei 13, 2012

Sorowako dikenal dunia sebagai salah satu daerah produksi nikel terbesar di dunia. Keberadaan PT. Vale Indonesia (dulu oleh PT. Inco) di Sorowako sejak tahun 1960-an memang telah menyulap daerah ini menjadi tempat yang sangat indah dan nyaman bagi masyarakat, khususnya bagi karyawan PT. Vale Indonesia dan ratusan perusahaan mitra kerja yang mendukung produksi nikel.

Hampir sepanjang sisi selatan tepi Danau Matano telah ditata sebagai wilayah pemukiman dan ruang publik yang nyaman. Kita dapat melihat dan menikmati berenang dan berekreasi di beberapa tempat seperti pantai Ide, pantai Salonsa, dan pantai Impian. Di samping itu, fasilitas olah raga lain seperti lapangan tennis, lapangan futsal, dan lapangan Golf.

Kondisi di balik semua fasilitas yang ada mungkin banyak masyarakat bahkan di Sorowako sendiri yang tidak pernah menduga bahwa di Sorowako terdapat lahan pertanian padi yang lumayan luas. Menurut datayang diperoleh dari petani, lahan persawahan di lokasi tersebut mencapai 20 hektar. Lokasi ini dapat kita temukan di sekitar areal lapangan Golf Sorowako. Di tempat ini sawah-sawah pertanian bahkan telah menjadi bagian dari tantangan permainan Golf itu sendiri.

Pada dua hari sabtu dalam dua akhir pekan ini, penulis telah melakukan observasi lapangan bersama siswa SMP YPS Singkole di lahan pertanian masyarakat di sekitar lapangan golf Sorowako. Observasi ini berkaitan dengan hama dan penyakit yang menyerang tanaman pertanian di Sorowako. Pada observasi ini, siswa diarahkan untuk dapat mengidentifikasi hama dan penyakit yang menyerang tanaman padi. Siswa diperkenalkan dengan situasi lingkungan pertanian dengan mengamati langsung objek dan berbincang-bincang dengan petani di sawah.
Dalam observasi yang telah dilakukan ditemukan tiga macam gangguan pada tanaman padi di Sorowako, yakni serangan terhadap organ batang, daun dan buah. Serangan terhadap organ batang ditemukan dalam bentuk busuk batang dan pengerat batang. Busuk batang menyebabkan batang tangkai buah padi menjadi mati, sehingga buah tidak berisi (kosong). Sedangkan pengerat batang ditemukan dalam bentuk bekas gigitan tikus yang menyebabkan rumpun menjadi berkurang.

Serangan terhadap organ daun ditemukan dalam bentuk penyakit yang diduga disebabkan oleh jamur dan berakibat pada keringnya daun. Serangan ini mengakibatkan produktivitas fotosintesis menjadi rendah, sehingga jumlah bulir buah berkurang dan deposit makanan cadangan pada buah padi menjadi kurang.

Serangan yang terjadi pada buah padi dilakukan oleh hama walang sangit atau sebutan masyarakat sorowako “nango”. Walang sangit merupakan jenis hama serangga yang menyerang buah padi dengan menyedot cairan buah. Akibatnya, bobot buah menjadi ringan dan dalam situasi yang parah mengakibatkan buah tidak dapat dipanen karena tidak berisi. Dalam pengamatan yang dilakukan ditemukan buah padi yang berwarna bercak kecoklatan menandakan adanya bekas sengatan nango. Di samping itu, pengamatan terhadap populasi nango ternyata memang sangat tinggi. Dalam pengamatan populasi ditemukan lebih dari 100 ekor nango/meter persegi.Menurut keterangan petani, nango merupakan hama yang dikeluhkan pada musim ini. Nango muncul pada menjelang siang sampai malam hari. Kerugian yang ditimbulkan tidak dapat ditaksirkan tapi dipastikan mengurangi tingkat produksi musim panen. Petani telah melakukan upaya pengendalian dengan penyemprotan, tetapi ternyata tidak mampu mengurangi efek yang ditimbulkan.

Serangan terhadap organ buah juga ditemukan dilakukan oleh burung pipit. Selama observasi tampak beberapa rombangan burung yang beterbangan dan berpindah-pindah di dalam lahan pertanian. Untuk pengendalian hama burung, petani melakukan secara manual dengan memasang orang-orang dan tali yang dapat ditarik untuk mengusir burung.

LAPORAN STUDI LAPANGAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: