Mahmuddin

Belajar dan Berbagi

Saya Lulus Uji Kompetensi Guru 2012 (UKG Online)

Posted by Mahmuddin pada Agustus 1, 2012

Kabar heboh akan rencana pemerintah melaksanakan Uji Ulang Kompetensi Guru Bersertifikasi telah terdengar sejak bulan Mei 2012. Tanggal 17 Juli 2012 kabar itu semakin jelas, setelah kepala-kepala sekolah umum YPS diundang ke Makassar untuk mengikuti sosialisasi terkait UKG dan penunjukan sekolah umum YPS sebagai pelaksana teknis ujian. Hasil sosialisasi akhirnya memastikan bahwa UKG dilaksanakan secara online pada tanggal 30 Juli  s.d 2 Agustus 2012.

Kepastian jadwal UKG online akhirnya terungkap dengan diterimanya kartu peserta ujian dari Diknas Kab. Luwu Timur pada tanggal 27 Juli 2012. Pada kartu peserta tercantum saya terjadwal pada tanggal 30 Juli 2012 pukul 08.30 s.d. 11.00 di SD YPS Soroako dengan nomor urut peserta 04.

Pada hari yang sama, saya bersama dengan teman-teman guru SMA YPS yang bersertifikasi mengikuti simulasi UKG online di laboratorium IT sekolah. Di sana ditemukan bahwa ternyata pengerjaan UKG bukan secara online kecuali proses verifikasi/sinkronisasi data peserta, download soal, dan pelaporan hasil ujian dilakukan melalui koneksi jaringan antara server pusat Jakarta dengan server lokal unit pelaksana ruang ujian.

Selama dua hari persiapan, saya menyibukkan diri mencari kisi-kisi UKG 2012 dan berusaha membagikan ke sebanyak-banyaknya orang lain melalui akun facebook dan group facebook. Semua yang berhubungan dengan UKG online 2012 berhasil saya dapatkan dan share ke media publikasi pribadi, seperti pedoman UKG online, Kisi-kisi UKG 2012, interface tutorial UKG online 2012, video tutorial UKG online 2012. Di sela-sela waktu bersama keluarga dan sahabat saya menyempatkan diri mereview materi IPA fisika SMP seadanya.

Tanggal 30 Juli 2012 saatnya mengikuti UKG dan tepat pukul 08.30 saya sudah masuk ke dalam ruangan UKG. Proses registrasi berjalan sangat lancar dengan menyerahkan fotokopi sertifikat pendidik, dan menunjukkan KTP Asli, NUPTK, dan kartu peserta ujian. Penjelasan teknis diberikan oleh teknisi selama 30 menit, meskipun 3 hari sebelumnya kami sudah ikut simulasinya. Tepat pukul 09.00 proses sinkronisasi mulai dilakukan, dan sekitar pukul 09.16 kami berhasil mengakses soal.
Saya bersertifikasi profesi mata pelajaran IPA SMP (IPA Terpadu, Biologi), tetapi ternyata data yang disiapkan hanya IPA Terpadu/Fisika sehingga semua IPA SMP mendapat soal IPA Terpadu/Fisika. Soal tersedia 100 item terdiri dari 30 soal Pedagogik dan 70 soal Profesional. Dalam mengerjakan soal UKG, ternyata masalah klasik muncul yaitu beberapa soal konstruksinya tidak lengkap. Seperti pilihan jawaban sama, pernyataan tidak lengkap, data pada soal tidak lengkap dan tidak sesuai dengan pilihan jawaban, soal bergambar tapi tidak disertai gambar.
Rasa tegang sempat menyelimuti pikiran di awal karena beberapa guru tidak dapat mengakses dan ada yang tidak sesuai dengan data mata pelajaran sertifikasi dan mata ujian sehingga sempat menimbulkan suara gaduh di ruang ujian. Rasa tegang kembali merasuki pikiran saya ketika melirik teman di samping yang mata uji sosiologi hanya butuh waktu 54 menit untuk menyelesaikan soal UKG. Namun saya berhasil mengendalikan diri dengan mencermati penggunaan waktu dan ketersediaan waktu pada layar moniter tes.

Akhirnya dengan segenap kemampuan yang ada, saya pun berhasil menyelesaikan 100 soal dengan waktu 93 menit dari waktu 120 menit tersedia. Kok bisa cepat, iyah…! karena soal fisika lebih banyak saya jawab dengan cara tebak-tebakan.

Setelah ujian saya akhiri, saya mendapat laporan hasil langsung bahwa:

  • Pedagogik 27 Benar dari 30 soal
  • Profesional 46 Benar dari 70 soal

Berarti hasil akhir tes UKG saya mencapai skor 73 (skor standar 70). Mengetahui hasil tersebut, teman-teman yang tes UKG duduk di dekat saya menyalami saya karena katanya saya telah berhasil lulus uji kompetensi. Sebelum meninggalkan ruang ujian, teknisi ruang UKG memberikan print out hasil tes ke saya setelah ditandangani oleh pengawas ruang ujian.

Akhirnya saya berhasil mencapai standar kompetensi guru berdasarkan hasil uji kompetensi guru (UKG Online) pada tahun ini. Semoga hasil ini dapat memicu semangat untuk terus berupaya mengembangkan kompetensi diri agar dapat berperan secara tepat guna bagi pendidikan anak bangsa. Saya lalu berucap canda kepada sahabat guru yang lain, bahwa hasil ini menunjukkan  kalau tunjangan profesi pendidik yang telah saya terima selama ini dan akan tetap saya terima nanti telah bersifat halal secara legal formal, profesional, moral, dan intelektual. Heheheeee…..Bravo Pendidikan Indonesia.
Bagaimana dengan pengalaman sahabat Guru yang ikut UKG Online?

5 Tanggapan to “Saya Lulus Uji Kompetensi Guru 2012 (UKG Online)”

  1. bunyamin said

    Selamat sukses sahabat, dah bnr2 guru profesional yg pinter dan halal intelektual, hebat semoga bisa diikuti teman guru yang lain, salam

  2. Anonim said

    Selamat n sukses walaupun jawaban soal fisikax tebak-tebakan….

  3. Anonim said

    kisah kita hampir sama,,,,nilai kita jg sa 73….tp apa tindak lanjutnya?

  4. Anonim said

    materi komptensi profesional apa y? Contohin 1 dong…rnc mei aq ikut UKG

Tinggalkan Balasan

 
