Mahmuddin

Belajar dan Berbagi

Karya Ilmiah Remaja di Sekolah YPS

Posted by Mahmuddin pada September 11, 2012

Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) merupakan organisasi siswa yang berada dalam subordinasi Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di Sekolah umum Yayasan Pendidikan Soroako. KIR bergerak dalam bidang pengembangan keterampilan ilmiah siswa. Kegiatan KIR khusunya di SMP YPS diorganisir dalam bentuk organisasi siswa yaitu KIR Quantum.
KIR Quantum mengemban misi pengembangan keterampilan ilmiah siswa yang meliputi tiga aspek yaitu proses ilmiah, karya ilmiah, dan sikap ilmiah. KIR Quantum juga melakukan kegiatan yang bersifat ekstrakurikuler dalam bentuk program kerja pada tiga bidang struktur organisasi yaitu bidang pendidikan dan penelitian, bidang pengembangan organisasi, dan bidang pengabdian kepada masyarakat. KIR Quantum melakukan pembinaan siswa melalui dua metode yaitu (1) formal, yaitu kegiatan pendidikan dan pelatihan secara sistematis, dan (2) informal, yaitu pengurusan kegiatan organisasi.

Pentingnya keterampilan berpikir dimiliki oleh siswa sangat mendukung kemampuan dalam belajar dan menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam kehidupan. Salah bentuk keterampilan berpikir yang penting dimiliki oleh siswa adalah keterampilan berpikir ilmiah. Meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah bagi siswa dapat dilakukan dengan melalui penciptaan situasi/lingkungan yang menstimulasi siswa untuk melatih menemukan masalah dan membimbingnya menemukan solusi berdasarkan langkah-langkah metode ilmiah.
Dalam dunia sains, proses penemuan masalah dan penyelesaiannya berdasarkan metode ilmiah perlu dilaporkan secara tertulis, sehingga dapat bernilai manfaat secara lebih luas bagi manusia dan kehidupan. Dalam hal ini, pengetahuan tentang metode ilmiah penting dipahami bagi siswa sebagai modalitas untuk menerapkan keterampilan berpikir dalam menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi. Secara integratif, metode ilmiah juga diajarkan kepada siswa melalui penerapan keterampilan proses dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
Implikasi dari penerapan metode ilmiah dalam penyelesaian masalah akan membentuk karakter saintis atau sikap ilmiah. Oleh karena itu, pembinaan keterampilan berpikir melalui kegiatan-kegiatan ilmiah yang produktif sangat penting bagi siswa di sekolah.

Contoh proposal kegiatan KIR dapat di download pada file di bawah ini:

KIR PROPOSAL KEGIATAN

Tulisan ini juga diposting dengan judul yang sama di http://ypslegacy.wordpress.com

Satu Tanggapan to “Karya Ilmiah Remaja di Sekolah YPS”

  1. Anonim said

    Hutan mangrove

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: