Mahmuddin

Belajar dan Berbagi

Menjadi Pemakalah dalam Konferensi Nasional Guru Blogger 2012 di Universitas Airlangga Surabaya

Posted by Mahmuddin pada November 29, 2012

Menjadi penyaji makalah dalam sebuah konferensi guru, seolah menjadi impian oleh banyak guru. Termasuk diri saya sebagai guru yang “haus” dengan forum pengembangan diri. Oleh karena itu, pada pertengahan Oktober 2012 ketika mendapat informasi bahwa Universitas Airlangga akan menyelenggarakan Konferensi Nasional Guru Blogger 2012, saya sangat antusias membacanya. Terlebih lagi ketika informasinya mengundang guru mengirimkan makalah atau poster untuk diseleksi dalam sesi Call for Paper, saya langsung memutuskan untuk ikut serta.

Panitia berharap guru dapat mengungkap pengalaman dan permasalahan yang terkait dengan isu-isu dan perubahan dalam dunia pendidikan dan pengajaran kreatif di Indonesia, khususnya melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Makalah dikirimkan ke alamat email konferensigurublogger@gmail.com dengan memenuhi syarat dan ketentuan paling lambat pada tanggal 22 Nopember 2012 pada pukul 07.00 WIB.

Pada 18 Nopember 2012 saya memaksakan diri untuk menyelesaikan Makalah/paper dengan mendowload tempelate dari panitia. Saya memutuskan untuk mengonversi dan mereproduksi ulang karya ilmiah saya “mengintegrasikan pendidikan karakter bangsa dalam pembelajaran biologi melalui pembelajaran berbasis lingkungan”. Guna menyesuaikan dengan tema panitia, saya menggunakan judul “model pembelajaran biologi yang mengintegrasikan pendidikan karakter bangsa berbasis lingkungan”. Akhirnya, saya berhasil mengirimkan judul, abstrak, dan file makalah sekaligus ke email panitia.

Dua hari kemudian (20/11/2012) saya mendapatkan konfirmasi bahwa makalah saya telah diterima oleh panitia dan meminta surat tugas dari sekolah, nomor kontak, nomor NPWP. Hari itu juga saya langsung mengirimkan setelah mendapatkan surat tugas dari kepala sekolah SMA YPS, nomor kontak, dan NPWP saya. Setelah mendapatkan konfirmasi ini saya merasa optimis bahwa makalah saya akan diterima panitia. Oleh karena itu, muncul kegelisahan bahwa saya tidak akan bisa dibiayai oleh yayasan, setelah melakukan konsultasi dengan direktur sekolah.

Namun sesuatu yang sangat luar biasa bagi diri saya, karena pada hari Minggu (25/11/12), panitia penyelenggara menghubungi saya via telpon bahwa makalah saya diterima untuk dipresentasikan dalam konferensi nasional guru blogger 2012. Lebih dari itu, panitia menyampaikan bahwa panitia memfasilitasi perjalanan saya dari Makassar – Surabaya (PP) plus hotel, dan jemputan bandara.

Pada senin malam (26/11/2012) saya menunju makassar via bus dan transit selama satu hari. Selasa pukul 03.30 saya menuju Bandara Hasanuddin dengan dibonceng motor oleh keponakan. Setelah melalui proses cek ini, akhirnya saya take off ke surabaya pada pukul 06.40 via Lion Air. Tiba di Bandara Juanda Surabaya tepat pukul 07.10 WIB, dan dijemput oleh panitia KNGB Airlangga. Ternyata di sana saya langsung dipertemukan dengan Pak Wijaya Kusuma (Omjay) dari Labscholl Jakarta, Pak Dedy dari SMK 29 Jakarta, Bu Elslee dari SMAN 106 Jakarta.

Perjalanan dari Bandara langsung menuju Kampus C Rektorat Universitas Airlangga di Mulyorejo. Alangkah kagetnya, karena ternyata kami langsung diarahkan masuk dalam ruang konferensi. Padahal kami masih dengan tas travel dan saya masih dengan pakaian biasa. Dengan segera, saya menuju toilet untuk melakukan ganti pakaian lalu kembali bergabung dalam ruang konferensi.

Sesi pertama konferensi dibawakan oleh keynote speaker dari perwakilan Menkominfo dan perwakilan Mendiknas. Sesi kedua dibawakan oleh penyaji dari Pakar Pendidikan Prof. Daniel M. Rosyid, Feshi Alwi (Metrotv), dan Prof. sony (Indosat). Sesi untuk saya sendiri, berlangsung pada setelah Istirahat-sholat-makan yaikni pukul 14.30 – 15.00.

 

Bersama sesama pembicara KNGB 2012 dan sesama anggota IGI

Sebuah pengalaman yang luar biasa bisa mendapat kesempatan untuk presentasi dalam forum nasional guru. Apalagi bersama dengan komunitas guru yang aktif sebagai penulis blog (blogger). Kesempatan ini sebetulnya adalah yang kedua bagi saya setelah pernah menjadi pemakalah dalam Konferensi Guru Nusantara (KGN) 2008 di Samarinda yang dilaksanakan oleh Provisi Education. Sedangkan Konferensi Guru Indonesia pada 2006 oleh Sampoerna Fondation/Teacher Institut, saya dana beberapa teman guru YPS hanya datang sebagai peserta konferensi karena menolak tawaran presentasi dari penyelenggara.

Namun, secara pribadi konferensi kali ini terasa sangat istimewa karena saya bisa bertemu muka langsung dengan para guru aktivis blogger indonesia. Momentum ini, saya manfaatkan untuk menimba ilmu tentang penulisan, jurnalistik, dan blogging. Oleh karena itu, pada hari kedua konferensi ini saya memutuskan untuk ikut workshop Blogging dan Training of Trainer untuk ngeblok di guru-indonesia.net.

Saya sangat berharap, setelah kegiatan ini dapat meningkatkan produktivitas menulis saya. Di samping itu, dapat menginspirasi teman-teman lainya untuk belajar dan berbagi untuk tumbuh bersama mengembangkan kompetensi diri. Itulah konstribusi terbesar yang dapat dilakukan untuk berperan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Semoga Insya Allah…

8 Tanggapan to “Menjadi Pemakalah dalam Konferensi Nasional Guru Blogger 2012 di Universitas Airlangga Surabaya”

  1. agusampurno said

    Selamat pak Mahmuddin atas kesemapatan yang didapatkan, semoga makin banyak guru yang lakukan blogging

  2. Mahmuddin said

    Terima kasih Pak Agus, Insya Allah….

  3. pengen juga gimana yah…..pak tolong kirimin file keterampilan proses sains yg pernah kita dapat di perpus sekolah bapak..thank u

  4. mantaaap, selamat … smg pak mahmuddin makin sukses

  5. Winestri Puji Swetika said

    Great…Congratulations..Jadi pingi, tapi gak bisa.

  6. wah baru tahu ada gelaran seperti ini untuk guru…bravo pak

Tinggalkan Balasan

 
