Mahmuddin

Belajar dan Berbagi

SOAL MATEMATIKA 40 BUTIR, LJUN DIJAWAB 50 BUTIR

Posted by Mahmuddin pada April 19, 2013

Soal ujian nasional dengan variasi paket soal yang berbeda pada setiap peserta dalam satu ruang ujian, membuat sebagian siswa frustasi. Kebiasaan mencontek saat ujian tidak bisa dilakukan dalam ujian nasional meskipun pengawas ruang ujian melonggarkan pengawasan. Sebuah fakta lucu hari ini terjadi pada salah satu sekolah di Kab. Luwu Timur, di mana seorang siswa membulati LJUN melebihi jumlah soal. Tepatnya di SMA Negeri 1 Towuti, ketika sedang ujian Matematika pada salah satu ruang ujian dan setelah 30 menit seorang siswa dengan PD-nya menyatakan dengan suara yang terdengar ke seluruh ruang “saya sudah selesai, tidak perlu liat soal….!”.

Pengawas ruang ujian segera mendekati siswa tersebut, dan setelah diperiksa kelengkapan data pada LJUN-nya ternyata benar siswa tersebut telah membulati semua nomor pada LJUN. Sedetik kemudian pengawas ini melakukan verifikasi terhadap kondisi lembar soal, ternyata jumlah soal matematika berjumlah 40 nomor. heheheheeee….ternyata siswa tadi membulati 50 nomor jawaban, padahal soalnya hanya 40 nomor. Jadi jawabannya lebih 10 nomor.

Pengawas kemudian meminta ke siswa untuk menhapus 10 bulatan pada 10 jawaban terakhir. Dalam hati, Pengawas berkata “ternyata siswa ini benar-benar jujur, berkata tak perlu liat soal untuk menjawab dan benar saja karena buktinya dia menjawab melebihi jumlah soal”.

Sebuah fakta yang membuat miris sekolah. Program persiapan ujian nasional telah dilaksanakan dalam segala bentuk, bahkan menggunakan biaya yang besar tetapi ternyata siswa masih saja belum siap ujian. Sekolah mesti mengevaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan, agar hakikat pendidikan dapat terlaksana sebagaimana mestinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: