Mahmuddin

Belajar dan Berbagi

Konsep Pembelajaran Berbasis Lingkungan yang mengintegrasikan Pendidikan Karakter Bangsa

Posted by Mahmuddin pada Juni 10, 2013

Berdasarkan teori belajar yang telah diuraikan sebelumnya, maka pembelajaran yang berbasis lingkungan dalam tulisan ini didefinisikan sebagai pembelajaran yang menggunakan lingkungan sebagai sumber dan objek belajar. Dalam hal ini, pembelajaran mengarahkan siswa pada upaya mengaitkan pelajaran akademis dengan konteks kehidupan nyata yang dihadapi. Pembelajaran berbasis lingkungan mengarakan siswa menemukan makna di dalam setiap tugas belajar.

Setiap tugas belajar dalam pembelajaran berbasis lingkungan, siswa belajar menemukan masalah yang menarik di lingkungan, membuat pilihan dan menerima tanggung jawab, mencari informasi/data dan menarik kesimpulan. masalah yang menarik. Sehubungan dengan itu, dalam proses belajar yang dilakukan siswa secara aktif akan memilih, menyusun, mengatur, menyentuh, merencanakan, menyelidiki, mempertanyakan, dan membuat keputusan. Dalam proses tersebut, siswa akan mengaitkan isi akademis konten pelajaran biologi dengan konteks dalam situasi kehidupan.

DSC_0128

Menurut Johnson (2007) mengaitkan konten dan konteks membutuhkan proses dan struktur berpikir. Dalam pembelajaran biologi, hal ini dikenal dengan penggunaan keterampilan proses sains. Melatih siswa menggunakan keterampilan proses akan mendukung terbentuknya struktur berpikir dengan cara-cara ilmiah. Proses yang akan melibatkan penggunaan alat indera dan proses berpikir sistematis lainnya. Dengan demikian, proses pembelajaran akan mengantarkan siswa pada penemuan arti penting suatu topik pembelajaran.

Ketika penemuan makna terakomodasi dalam skema berpikir siswa, maka internalisasi dalam diri ini akan membentuk sikap diri serta menentukan pilihan perilaku diri dan tindakan dalam kehidupannya. Menurut Johnson (2007) secara biologis dan psikologis, lingkungan memberikan informasi yang membentuk struktur fisik otak. Lingkungan akan menjadi stimulus bagi terbentuknya hubungan sinapsis sehingga terbangun jalur-jalur saraf yang kompleks sehingga akan meningkatkan kekuatan, kecepatan, dan kecerdasan. Dengan demikian, komunikasi antar alat indera dengan lingkungan akan membentuk konteks belajar akan membentuk stuktur berpikir, bersikap dan bertindak yang dalam jangka waktu tertentu akan membentuk karakter bagi diri siswa.

2 Tanggapan to “Konsep Pembelajaran Berbasis Lingkungan yang mengintegrasikan Pendidikan Karakter Bangsa”

  1. maaf bagi penulis bisa menyantumkan nomer ponsel atau email gak? terima kasih

  2. Saya ingin mengoleksi buku tentang pendidikan lingkungan . apakah ada?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: