Mahmuddin

Belajar dan Berbagi

Tahapan-tahapan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Lingkungan yang Mengintegrasikan Pendidikan Berbasis Lingkungan

Posted by Mahmuddin pada Juni 11, 2013

Mengintegrasikan pendidikan karakter dalam mata pelajaran dilakukan melalui proses belajar dengan kegiatan yang dirancang sedemikian rupa sehingga memfasilitasi siswa mengenal nilai-nilai. Pada dasarnya, setiap kegiatan belajar biologi mengembangkan kemampuan dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotor siswa. Oleh karena itu, tidak selalu diperlukan kegiatan belajar khusus untuk mengembangkan nilai-nilai pada pendidikan karakter bangsa.

Meskipun demikian, pembelajaran perlu dikembangkan menanamkan nilai-nilai tertentu seperti kerja keras, jujur, toleransi, disiplin, mandiri, semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan gemar membaca. Untuk pengembangan beberapa nilai lain seperti peduli sosial, peduli lingkungan, rasa ingin tahu, dan kreatif memerlukan upaya pengkondisian sehingga peserta didik memiliki kesempatan untuk memunculkan perilaku yang menunjukkan nilai-nilai itu (Depdiknas, 2010).

Pengembangan nilai-nilai pendidikan karakater bangsa diintegrasikan dalam setiap standar kompetensi/kompetensi dasar dari setiap mata pelajaran. Nilai-nilai tersebut dicantumkan dalam silabus dan rencana pelaksana pembelajaran. Pengembangan nilai-nilai itu dalam pembelajaran ditempuh melalui tahapan di bawah ini.

  1. Mengkaji Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) pada Standar Isi (SI) untuk menentukan nilai-nilai karakter bangsa yang dapat dicakup. Pada proses ini, analisis dapat dilakukan analisis konsep, analisis tugas, analisis karakteristik siswa, karakteristik lingkungan, dan sumber belajar yang dibutuhkan.
  2. Menunjukkan keterkaitan SK/KD dengan nilai karakter bangsa untuk menentukan nilai-nilai yang akan dikembangkan.
  3. Mencantumkankan nilai-nilai karakter bangsa ke dalam silabus.
  4. Mencantumkan nilai-nilai yang sudah tertera dalam silabus ke dalam RPP.
  5. Mengembangkan proses pembelajaran peserta didik secara aktif yang memungkinkan peserta didik memiliki kesempatan melakukan internalisasi nilai dan menunjukkannya dalam perilaku yang sesuai.
  6. Memberikan bantuan kepada peserta didik, baik yang mengalami kesulitan untuk menginternalisasi nilai maupun untuk menunjukkannya dalam perilaku.

Adapun contoh analisis pengembangan pembelajaran yang dimaksud pada langkah di atas, dapat ditunjukkan pada contoh analisis SK/KD di bawah ini.

A. Analisis SK/KD

Standar Kompetensi: memahami  pentingnya proses metabolisme pada organisme

Kompetensi Dasar : mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat

1. Analisis konsep anabolisme karbohidrat:

  • Anabolisme karbohidrat meliputi penyusunan karbohidrat dari senyawa anorganik dengan melalui proses fotosintesis dan kemosintesis.
  • Organisme fotosintetik memiliki klorofil dan menyerap energi cahaya, air, dan karbondioksida dari alam, serta mengeluarkan oksigen ke alam.
  • Karbohidrat yang dihasilkan dalam fotosintesis sebagian disimpan dalam tubuh sebagai pembentuk organ maupun makanan cadangan.
  • Organisme heterotrof mengambil makanan dengan memakan tubuh organisme fotosintetik, sedangkan oksigen diserap sebagai bahan respirasi (katabolisme karbohidrat menjadi energi di dalam tubuh organisme heterotrof).

2. Analisis Tugas

Berdasarkan analisis konsep anabolisme di atas, maka tugas belajar bagi siswa terdiri atas, (1) memahami konsep fotosintesis, (2) memahami proses fotosintesis pada tumbuhan, (3) mengonstruksi gagasan untuk mengimplementasikan konsep fotosintesis dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup manusia.

3. Analisis karakteristik siswa

  • Siswa memiliki latar belakang keluarga yang bekerja sebagai karyawan PT. Vale Indonesia dan penduduk asli Soroako.
  • Kemampuan belajar siswa kelas XII IPA umumnya lebih adaptif terhadap tuntutan skenario guru.
  • Motivasi belajar siswa termasuk kategori tinggi, dan ditunjukkan dengan partisipasi belajar dan tanggung jawab terhadap tugas.

4. Analisis karakteristik lingkungan belajar

  • Sarana belajar didukung oleh kelas mata pelajaran yang bersifat permanen.
  • Lingkungan Soroako terdiri atas hutan-hutan lindung, area tambang, danau yang luas, fasilitas umum dan pemukiman yang tertata, serta lingkungan sosial yang mendukung pendidikan bagi anak.

5. Analisis sumber belajar

Untuk mendukung pencapaian kompetensi melalui tugas belajar, maka sumber belajar yang dibutuhkan dalam pembelajaran adalah:

  • Buku referensi terdiri atas buku siswa (BSE) dan penerbit Esis, Campbell dkk.
  • Panduan percobaan dan perangkat percobaan fotosintesis (Ingenhouze dan Sach)
  • Area lapangan golf Soroako yang meliputi, sungai kecil dan kolam-kolam buatan yang mengandung tanaman air hydrilla, persawahan, kebun, golf hole area.
  • Petani dan Golfer
  • Bahan dan media lain yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik siswa.

B. Analisis Kegiatan Pembelajaran yang Mengintegrasikan Nilai Karakter Bangsa

Berdasarkan analisis SK/KD maka kegiatan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dapat diuraikan sebagai berikut:

  1. Studi pustaka konsep dan proses fotosintesis pada tumbuhan biji (penyajian dan LKS/tugas terstruktur)
  2. Observasi lapangan ke area lapangan golf (tugas mandiri)
  3. Percobaan tentang faktor yang berpengaruh terhadap fotosintesis di area lapangan golf (praktik laboratorium terbuka)
  4. Diskusi proses dan hasil percobaan fotosintesis
  5. Penyusunan laporan hasil percobaan (tugas mandiri)
  6. Eksposisi gagasan (tugas mandiri)
  7. Evaluasi dan refleksi

C. Analisis Keterkaitan Nilai Karakter Bangsa

Berdasarkan analisi SK/KD maka nilai karakter bangsa yang dapat terkait dalam pembelajaran ini adalah 1)      Rasa ingin tahu  2)      Jujur  3)      Kerja keras  4)      Disiplin  5)      Kreatif  6)      Mandiri 7)      Cinta tanah air  8)      Persahabatan  9)      Peduli lingkungan  10) Tanggung jawab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: