Mahmuddin

Belajar dan Berbagi

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam KTSP bagi Sekolah Swasta (1)

Posted by Mahmuddin pada Juli 4, 2014

1. Latar Belakang

Sejak implementasi Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang otonomi daerah, dunia pendidikan merupakan bidang yang mengalami penyesuaian dalam penyelenggaraanya. Salah satu aspek yang berkembang saat ini adalah kewenangan daerah untuk memberdayakan potensi daerah dalam membangun sistem pendidikan yang bermuatan lokal kurikulum. Penyelenggaraan pendidikan ini berimplikasi pada pengembangan manajemen berbasis sekolah. Dalam hal ini, di antara kewenangan yang lebih besar diberikan kepada sekolah adalah pengembangan kurikulum yang kemudian disebut kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).

Dalam penyusunan KTSP, pemerintah pusat memberi rambu-rambu yang perlu dirujuk dalam pengembangan kurikulum. Rambu-rambu ini ditegaskan dalam bentuk Undang-undang tentang sistem nasional pendidikan, Peraturan Pemerintah tentang standar nasional pendidikan, dan panduan dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Khusus panduan BSNP, disusun dengan terdiri atas dua bagian. Pertama, panduan umum tentang pengembangan kurikulum yang dapat diterapkan pada satuan pendidikan. Kedua, model KTSP sebagai satu contoh alternatif hasil akhir pengembangan KTSP (Muhaimin, dkk. 2009).

Berdasarkan dokumen KTSP yang dikembangkan oleh BSNP, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan kurikulum yang secara langsung akan digunakan untuk memberikan perlakuan terhadap kelompok belajar peserta didik tertentu dalam kondisi tertentu. Oleh karena itu, RPP bersifat fleksibel, disesuaikan dengan peserta didik, dibutuhkan rekaman hasil pelaksanaan, serta dibutuhkan tindaklanjut untuk melakukan perbaikan/penyesuaian atau peningkatan secara terus menerus. Dalam implementasinya, RPP dapat berjalan secara efektif jika disertai dengan perangkat pembelajaran yang lain seperti lembar kegiatan siswa, buku panduan siswa/guru, dan instrumen penilaiaan. Dengan demikian, RPP tidak dapat terpisahkan dan komponen sistem pembelajaran yang lainnya.

RPP merupakan wujud rencana profesional yang disusun dan dikembangkan oleh guru. Dalam hal ini, penyusunan dan pengembangannya merupakan tugas dan tanggung jawab professional setiap guru mata pelajaran. RPP yang baik akan dapat diimplementasikan secar tepat dan dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran secara terus menerus. Oleh karena itu, setiap guru dituntut memiliki kemampuan untuk mengembangkan RPP mata pelajaran yang diampunya sesuai dengan kondisi sekolah.

Berdasarkan uraian di atas, penulis dalam makalah ini akan menyajikan hasil kajian tentang pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Aspek-aspek kajian dalam pengembangan RPP ini, disusun berdasarkan sistematisasi rumusan masalah yang ditelah ditetapkan.

2. Rumusan Masalah

Adapun masalah dalam penulisan makalah ini dapat dirumuskan sebagai berikut:

  1. Bagaimanakah pentingnya rencana pelaksanaan pembelajaran dalam pembelajaran di sekolah?
  2. Komponen apa sajakah yang terdapat pada rencana pelaksanaan pembelajaran?
  3. Bagaimana mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran di sekolah?
  4. Bagaimana mengevaluasi rencana pelaksanaan pembelajaran di sekolah?

3. Tujuan

Berdasarkan masalah yang dikemukakan di atas, tujuan penulisan makalah ini dapat dirumuskan sebagai berikut:

  1. Untuk mengkaji pentingnya rencana pelaksanaan pembelajaran dalam pembelajaran di sekolah.
  2. Untuk mengkaji komponen rencana pelaksanaan pembelajaran.
  3. Untuk mengkaji cara mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran di sekolah.
  4. Untuk mengkaji cara mengevaluasi rencana pelaksanaan pembelajaran di sekolah.

Bagi pembaca yang ingin mengetahui pembahasan masalah di atas silahkan lanjutkan bacaan ke seri tulisan berikutnya dengan judul yang sama dengan nomor seri (1), (2), (3), (4), dan (5).  Untuk mendapatkan tulisan secara utuh dapat menghubungi kontak via email mahmuddin.srk@gmail.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: